Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar

Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar – Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar selama ini menjadi kebutuhan yang cukup vital bagi pelajar dan mahasiswa. Bagi pelajar yang sudah memasuki jenjang SMA terutama bagi mereka yang jurusan bahasa, makalah sudah menjadi tugas wajib yang harus diselesaikan.

Membuat makalah bukan merupakan hal yang mudah dikerjakan bagi para pelajar yang tergolong pemula. Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar akan sangat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas.

Pelajar tingkat SMA mulai mencari Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar sebagai referensi untuk mengerjakan tugas makalah yang diberikan oleh guru. Para guru biasanya menganjurkan kepada para siswa untuk mencari Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar di situs-situs yang disediakan internet.

Hal tersebut dikarenakan Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar yang disediakan di internet dapat memberikan gambaran yang jelas bagi para pelajar dalam mengerjakan tugas makalah.

Berbicara makalah, mahasiswa merupakan pengguna Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar yang paling getol. Mahasiswa begitu die hard  untuk mencari Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar di berbagai portal yang tersebar di internet.

Hal tersebut dikarenakan makalah bukan sekedar tugas yang menjadi keharusan di setiap mata kuliah, namun juga syarat kelulusan bagi mahasiswa yang bersangkutan untuk memenuhi standar kelulusan mata kuliah tersebut.

Sehingga mahasiswa berusaha dengan keras untuk mencari Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar. Oke Best Jobbers,  di sini kita akan langsung membuat Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar.

Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang  bagian-bagian makalah, cara membuat cover makalah yang baik, cara membuat pendahuluan sampai pada pembahasan dan penutup.

Di akhir artikel, saya juga menyediakan link download bagi Best Jobbers yang ingin mengetahui secara langsung bentuk Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat makalah

source : Udemy

Bagi para pembuat makalah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda menulis sebuah makalah. Diantaranya  adalah format pengaturan kertas, model tulisan, ukuran huruf dan lain-lain. Berikut ini beberapa hal tersebut daintaranya :

  • Ukuran  Kertas : A4 (kuarto) / 21 cm x 29,7 cm
  • Model huruf : Times New Roman
  • Ukuran huruf: 12
  • Jarak spasi : 1,5
  • Margin :  atas : 4 cm; bawah : 3 cm; kanan : 3 cm; dan kiri : 4 cm

Ukuran diatas merupakan ukuran baku dari sebuah Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar pada umumnya. Ukuran ini sekilas terlihat hal yang sepele, namun menjadi suatu keharusan. Apabila tidak dipenuhi, ada kemungkinan anda akan disuruh untuk merevisi hasil makalah anda.

Selanjutnya, hal yang harus anda perhatikan dalam membuat makalah adalah penulisan isi makalah. Pada dasarnya Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar mengandung beberapa poin penting, diantaranya :

  • Cover Makalah
  • Kata Pengantar Makalah
  • Daftar Isi Makalah
  • BAB I : Pendahuluan Makalah
  • BAB II : Pembahasan Makalah
  • BAB III : Penutup Makalah
  • Daftar Pustaka Makalah
  • Lampiran Makalah (jika ada yang perlu dilampirkan)

Sebenarnya, di setiap institusi pendidikan, tidak mematok secara paten tentang 8 point isi makalah. Ada yang mengatakan bahwa makalah itu adalah karya ilmiah sederhana, sehingga tidak memerlukan kata pengantar, daftar isi dan lampiran.

Baca juga: Contoh makalah Yang baik dan benar terkait gangguan kepribadian

3 hal ini sering ditiadakan dalam membuat makalah. Hal ini sangat bergantung pada bagaimana dosen atau guru mengarahkan tata cara pembuatan makalah. Banyak diantara dosen atau guru yang lebih mengedepankan substansi dari makalah, sehingga tidak memerlukan kata pengantar dan daftar isi.

Pembuatan makalah seringkali hanya menuangkan asumsi dan teori pakar disertai analisis penulisnya tanpa studi kasus atau penelitian lapangan. Dengan demikian tidak selalu memerlukan lampiran-lampiran.

Dalam artikel ini saya juga tidak akan memberikan contoh kata pengantar dan daftar isi. Di lain kesempatan nanti, saya akan mencantumkan beberapa contohnya agar dapat menjadi referensi Best Jobbers semua dalam membuat makalah yang lengkap.

Nah, langsung saja saya akan membahas tentang isi dari Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar.

Contoh Makalah Psikologi Sosial : Sikap Dan Persuasi

source : Quick and Dirty Tips

Di bawah ini saya akan memberikan contoh sebuah makalah Psikologi Sosial tentang sikap dan persuasi yang saya buat sendiri. Makalah ini merupakan contoh yang penulisannya dapat Best Jobbers semua perhatikan.

Format dari makalah ini merupakan format contoh makalah  yang baik dan benar. Untuk Best Jobbers yang kuliah di jurusan psikologi, makalah ini dapat didownload di link yang sudah saya sediakan agar tidak susah-susah membuat. Silahkan Best Jobbers semua simak ya….

Contoh Cover Yang Baik Dan Benar

source : My Archive

Cover merupakan identitas dari makalah. Cover ini berada di halaman paling depan dari sebuah makalah.  Melalui cover, dosen atau guru dapat melihat tema pembahasan dan pembuat makalah.

Cover juga menunjukkan dari institusi mana pembuat makalah berasal serta makalah tersebut dibuat untuk memenuhi tugas apa.

Pada dasarnya membuat cover makalah yang baik dan benar memiliki aturan yang jelas dari setiap institusi. Umumnya, sebuah cover memuat :

Judul makalah. Judul makalah diletakkan di bagian paling atas dari sebuah cover. Ditulis menggunakan huruf kapital dan dan dicetak tebal (bold). Ukuran font yang baku menggunakan 14.

Peruntukkan Makalah. Di bawah judul biasanya dicantumkan makalah dibuat untuk memenuhi tugas apa dan oleh dosen/guru siapa.

Logo Institusi. Logo kampus atau sekolah dicantumkan di bawah peruntukkan makalah. Ini sudah menjadi aturan baku dalam membuat cover. Hal ini dikarenakan agar pembaca dapat langsung mengetahui darimana makalah ini berasal.

Identitas Penyusun Makalah. Identitas penyusun dicantumkan di bawah logo institusi. Cantumkan nama lengkap dan nomor ID/NIM/Nomor induk anda.

Identitas Institusi. Tuliskan nama institusi tempat anda bernaung/ belajar. penulisan identitas institusi dimulai dari kelas terkecil sampai institusi utama (prodi-Jurusan-Fakultas-Sekolah/Perguruan Tinggi/Institut/Universitas)

Tahun pembuatan. Urutan terakhir dari pembuatan cover yang baik dan benar adalah menyertakan tahun pembuatan makalah.

Untuk lebih jelasnya, Best Jobbers semua dapat melihat pada gambar yang sudah saya sediakan di atas. Setelah selesai membuat cover maka lanjutkan dengan menyusun BAB I yang akan saya jelaskan selanjutnya. Best Jobbers semua, simak ya…..

Contoh Pendahuluan Makalah Sikap dan Persuasi

source My Archive

Bab I dari sebuah makalah disebut juga bab pendahuluan. Pendahuluan yang baik dan benar minimal berisi 2 sub bab yaitu latar belakang masalah dan rumusan masalah. Selain itu ada pula yang menuliskan sub bab lain seperti tujuan penulisan dll. Namun, di institusi tempat saya berkuliah hal tersebut tidak berlaku. Tujuan penulisan sudah jelas dituliskan di cover makalah. Oke, Best Jobbers mari kita cermati bersama contoh pendahuluan dari contoh makalah yang baik dan benara di bawah ini ……

Latar Belakang

Manusia adalah makhluk yang unik.  ia memilki perbedaan dengan individu lainnya. Sikap (attitude) merupakan konsep yang sangat  penting dalam psikologi sosial. Psikologi sosial membahas unsur sikap baik sebagai individu maupun kelompok. Banyak kajian dilakukan untuk merumuskan pengertian  sikap, proses terbentuknya sampai pada perubahannya. Banyak pula penelitian telah dilakukan terhadap sikap dalam kaitannya dengan efek dan peran dalam pembentukan karakter dan sistem hubungan antarkelompok. Persuasi ialah suatu usaha untuk merubah perilaku seseorang melalui pesan-pesan bervariasi.

Kecenderungan individu untuk merespon dengan cara yang khusus terhadap stimulus merupakan bentuk dari sikap. Sikap adalah kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, postif atau negatif terhadap berbagai keadaan sosial, apakah itu institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan sebagainya.

Oleh karena itu kami akan membahas lebih spesifik lagi mengenai sikap dan persuasi.  Untuk itu Dalam makalah ini penulis akan menguraikan mengenai pengertian sikap, proses dan komponen sikap, faktor – faktor yang mempengaruhi sikap, teori- teori tentang  sikap serta pengertian persuasi.

Rumusan Masalah

Apa makna sikap?

Apa makna persuasi?

Contoh Pembahasan Makalah Sikap dan Persuasi

source : My Archive

Pembahasan merupakan penjabaran dari asumsi-asumsi dan teori-teori yang telah kita kumpulkan dan kita susun sedemikian rupa agar relevan. Sebuah contoh makalah yang baik dan benar akan selalu mencantumkan  pembahasan  karena hal ini  merupakan inti dari makalah yang kita buat. Berikut ini adalah contoh pembahasan makalah sikap dan persuasi. Simak ya Best Jobbers….

Makna sikap

Eagly dan Chaiken pada tahun 1993, membaginya menjadi dua pendekatan atau model pendefenisian. sikap didefenisikan sebagai sebuah kombinasi dari reaksi afektif, kognitif, dan prilaku terhadap suatu objek tertentu.[1]

Sikap adalah pengalaman tentang suatu objek atau persoalan. Rumusan ini tidak pernah didukung secara tegas. Tidak semua pengalaman memenuhi syarat untuk disebut sebagai sikap.

Sikap bukan sekedar ‘suasana hati’ atau ‘reaksi aktif’ yang disebabkan oleh stimulus dari luar. Suatu persoalan atau objek dikatakan merupakan sebagian dari pengalaman.

Sikap setiap orang bisa sama dan bisa tidak sama. Rumusan ini bergantung pada ide bahwa sikap dapat diungkapkan dengan bahsa karena bahasa memungkoinkan orang membuat catatan dan pad aide bahwa sikap berkaitan dengan dunia luar.

Sejumlah orang yang mempunyai sikap berbeda pada suatu objek akan berbeda pula dalam pendapat masing-masing mengenai apakah yang benar atau salah mengenai objek itu.

Kemungkinn ada persamaan  dan perbedaan dalam sikap berarti bahwa seseorang akan  menafsirkan pernyataan mengenai sikap sebagai suatu sikap yang mengandung nilai kebenaran yang pada prinsipnya dapat diukur melalui interaksi dengan objek bersangkutan.

Namun, hal itu tidak berarti bahwa sikap terbentuk setelah ada penyelidikan terlebih dahulu atas fakta-fakta terkait. Hubungan antara keyakinan berlandaskan fakta dan penilaian harus dibuktikan di lapangan.

Isi, Struktur Dan Fungsi Sikap

Isi Sikap,  sikap menurut Maio dan Haddock (2007) adalah konstruk-kontruk Psikologis yang diekspresikan oleh sikap, seperti keyakinan dan afeksi.

Penelitian mengenai isi dari sikap, seperti sudah disampaikan sebelumnya, didominsi oleh dua perspektif, yaitu the three-component model dan the expectancy-value model.

Menurut perspektif yang pertama, sikap mengekspresikan perasaan, keyakinan, dan perilaku dimasa lampau yang berhubungan dengan objek sikap, sedangkan menurut perspektif yang kedua sikap mengekspresikan keyakinan-keyakinan terhadap objek sikap.[2]

Struktur Sikap, Seperti telah dijelaskan di depan para ahli dalam membahas mengenai masalah sikap cukup menunjukkan adanya pandangan yang berbeda satu dengan yang lain.

Thurstone menekankan pada komponen afektif, Rokeach menekankan pada komponen kognitif dan konatif, sedangkan pada Baron Byrne, juga Myers dan Gerungan, pada komponen kognitif, afektif, dan konatif.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut diatas pada  umumnya pendapat yang banyak diikuti ialah bahwa sikap itu mengandung tiga komponen yang membentuk struktur sikap, yaitu :

Komonen kognitif (komponen perceptual), yaitu komponen yag berkaitan dengan pengetahuan, pandangan, keyakinan, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana orang mempersepsi terhadap objek sikap.

Komponen afektif (komponen emosional) adalah komponen yang berhubngan dengan rasa senang atau tidak senang terhadap objek sikap. Rasa senang tergolong dalam hal yang positif, sedangkan rasa yang tidak senang tergolong ke dalam hal yang negatif. Komponen ini menunjukkan arah positif dan negatif  suatu sikap  .

Komponen konatif (Komponen prilaku, atau action component), yaitu komponen yangberhubungan dengan kecenderungan bertindak terhadap objek sikap. Komponen ini   menunjukkan besar kecilnya kecenderungan bertindak atau berprilaku seseorang terhadap objek sikap.

Komponen-komponen tersebut diatas merupakan komponen yang membentuk struktur sikap. Analisis dengan melihat komponen-komponen yang membentuk sikap disebut analisis komponen atau analisis struktur.[3]

Fungsi Sikap, Menurut Katz (1964) dalam buku Wawan dan Dewi (2010) sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

Fungsi instrumental (fungsi penyesuaian/fungsi manfaat)

Fungsi ini berkaitan dengan sarana dan tujuan. Orang memandang sejauh mana obyek sikap dapat digunakan sebagai sarana atau alat dalam rangka mencapai tujuan.

orang akan bersifat positif terhadap obyek tersebut apabila obyek sikap dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuannya. Sebaliknya,  orang akan bersikap negatif terhadap obyek sikap bila obyek sikap menghambat pencapaian tujuan.

Fungsi pertahanan ego

Ini merupakan sikap yang diambil oleh seseorang pada waktu orang yang bersangkutan terancam keadaan dirinya atau egonya.

Fungsi ekspresi nilai

Sikap merupakan jalan bagi untuk mengekspresikan nilai yang ada pada diri individu. seseorang akan mendapatkan kepuasan dengan mengekspresikan diri. Kemudian dapat menunjukkan kepada dirinya.

Individu yang bersangkutan menggambarkan keadaan sistem nilai yang ada pada dirinya  dengan mengambil sikap tertentu akan.

Fungsi pengetahuan

Individu mempunyai dorongan untuk ingin mengerti dengan pengalaman-pengalamannya. Dapat diartikan bahwa ketika seseorang mempunyai sikap tertentu terhadap suatu obyek, menunjukkan tentang pengetahuan orang terhadap obyek yang bersangkutan.

Teori-Teori Sikap

Di bawah ini merupakan teori-teori sikap yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya :

Teori Keseimbangan

Inti dari teori ini terletak pada upaya individu untuk tetap konsisten dalam bersikap. Sikap  dalam hidup yang melibatkan hubungan- hubungan antara seseorang dengan dua objek sikap.  Dalam bentuk sederhana, ketiga elemen tersebut dihubungkan dengan :

sikap favorable ( baik, suka, positif )

sikap unfavorable ( buruk, tidak suka, negatif )

Teori Konsistensi kognitif – Afektif

Fokus teori ini terletak pada bagaimana seseorang berusaha membuat kognisi mereka konsisiten dengan afeksinya. Selain itu penilaian seseorang terhadap suatu kejadian akan mempengaruhi keyakinannya. Sebagai contoh:

“Tidak jadi makan direstoran X karena temannya bilang bahwa restoran tersebut tidak halal padahal dia belum pernah kesana.”

Teori Ketidaksesuaian

Fokus teori ini terletak pada bagaimana individu menyelaraskan elemen – elemen kognisi, pemikiran atau struktur ( Konsonansi selaras ) dan disonasi atau kesetimbangan yaitu pikiran yang amat menekan dan memotivasi seseorang untuk memperbaikinya.

Terdapat 2 elemen kognitif dimana disonasi terjadi jika kedua elemen tidak cocok sehingga menganggu logika dan penghargaan. Sebagai contoh Misalnya: ”Merokok membahayakan kesehatan” konsonansi dengan ”saya tidak merokok”; tetapi disonansi dengan ”perokok”.

Teori Atribusi

Fokus teori ini terletak pada bagaimana individu mengetahui akan sikapnya dengan mengambil kesimpulan sendiri dan persepsinya tentang situasi.

Implikasi pada teori ini adalah perubhan perilaku yang dilakukan seseorang menimbulkan kesimpulan pada orang tersebut bahwa sikapnya telah berubah. Sebagai contoh memasak setiap kesempatan baru sadar kalu dirinya suka menyukai/ hobi memasak

Makna persuasi

Persuasi (menurut Gorys Keraf) suatu seni verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara (bentuk lisan, misalnya pidato) atau oleh penulis (bentuk tulisan, cetakan,elektronik) pada waktu ini atau pada waktu yang akan datang.

Syarat-syarat persuasi

Pembicara harus mampu meyakinkan pendapatnya itu kepada orang lain dan percaya diri pada apa yang dia bicarakan.

Kemampuan pembicara mengendalikan emosi. Hal ini akan mendukung keputusan  yang diambilnya.

Diperlukan bukti-bukti yang meyakinkan untuk mendukung kebenarannya.

Ciri-ciri persuasi

Harus menimbulkan kepercayaan pendengar/pembacanya.

Bertolak atas pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah.

Harus menciptakan persesuaian melalui kepercayaan antara. pembicara/penulis dan yang diajak berbicara/pembaca.

Harus menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan tujuan tercapai.

Harus ada fakta dan data secukupnya.

Yang tergolong kedalam persuasi

Bentuk pidato, misalnya  kampanye lisan, dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.

Bentuk tulisan berupa iklan dan selebaran.

Bentuk elektronik, misalnya iklan di televisi, bioskop, dan internet

Metode-metode persuasi

Beberapa metode atau bentuk persuasi yang bermoral yaitu  metode yang  melibatkan     dan didasari oleh pengaruh alami dan rasa hormat yang sejati. Metode persuasi yang bermoral yaitu :

Pendidikan

Pendidikan merupakan bagian dari persuasi. Dengan ilmu yang diajarkan, Pendidik (guru,dosen atau       instruktur) berusaha mepengaruhi atau mengubah perilaku siswa.

Terapi

Terapi juga melibatkamn penggunaan pengaruh secara alami. dimana kita mengharapkan seseorang untuk sanggup mengendalikan hidup mereka sendiri serta bebas mengaktualisasikan potensi-potensi diri mereka.

Dialog

Sikap saling menghormati yang memungkinkan”sumber” untuk berdialog dengan “sasarannya” adalah Aspek penaruh alami lainnya, sehingga nantinya siapa yang menjadi “sumber” dan siapa yang menjadi “sasaran” akan menjadi kabur dan serinng kali guru serta para ahli terapi mendapati bahwa justru diri mereka telah belajar dari murid atau kliennya.

Kesadaran

Kita bisa menjadi manusia yang lebih baik jika berusaha untuk lebih terbuka terhadap dunia di sekitar kita.[4]

Contoh Penutup Makalah Sikap dan Persuasi

Source : My Archive

Langkah terakahir Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar adalah menyusun BAB III yaitu penutup dan daftar pustaka. Penutup berisi minimal 1 subbab yaitu kesimpulan. Daftar pustaka berisi sumber-sumber dari berbagai literatur yang kita cantumkan dalam makalah.

Kesimpulan

Sikap adalah pengalaman tentang suatu objek atau persoalan.

Isi Sikap,  sikap menurut Maio dan Haddock (2007) adalah konstruk-konstruk Psikologis yang diekspresikan oleh sikap, seperti keyakinan dan afeksi.

Sikap itu mengandung tiga komponen yang membentuk struktur sikap, yaitu : komponen kognitif, afektif, dan konatif.

Fungsi sikap : fungsi instrumental, pertahanan ego, ekespresi nilai dan pengetahuan

Teori-teori sikap : Teori keseimbangan, teori kognitif afektif, teori ketidaksesuaian dan teori atribusi.

Persuasi (menurut Gorys Keraf) suatu seni verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara (bentuk lisan, misalnya pidato) atau oleh penulis (bentuk tulisan, cetakan,elektronik) pada waktu ini atau pada waktu yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA

Rahman, Agus Abdul.2014. Psikologi Sosial.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Walgito, Bimo.1978. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta:  ANDI Yogyakarta

Widiharto, Argo. 2010. Psikologi Sosial. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.

[1] Agus Abdul Rahman, Psikologi Sosial.( Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014) hal. 124

[2] Agus Abdul Rahman, Psikologi Sosial,(Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014) hal. 126

[3] Bimo Walgito, Psikologi Sosial (Suatu Penagantar), ( Yogyakarta:  ANDI Yogyakarta: 1978) Hal. 111

[4] Argo Widiharto. 2010. Psikologi Sosial. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.hal. 96.

Demikainlah best Jobbers contoh makalah yang baik dan benar dari saya. Jangan lupa untuk mendownload file aslinya di link di bawah ini, apabila Best Jobbers semua tidak mau capek-capek membuat makalah.

Makalah ini juga saya cantumkan sumber-sumber yang valid dan relevan untuk best Jobbers dari kalangan mahasiswa jurusan Psikologi maupun mahasiswa jurusan Sosial yang sedang mengambil mata kuliah psikologi sosial. Semoga bermanfaat.

Berikut ini link downloadnya (doc) :

Atau (rar) :

 

Contoh Makalah Sederhana

Dwi Saloka
14 min read

Contoh Makalah Singkat

Dwi Saloka
10 min read

Contoh Makalah Yang Benar

Dwi Saloka
13 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *